Pertengkaran

WIKIPEDIA : ”Aku tau semuanya.”
GOOGLE : Aku punya semuanya.”
FACEBOOK : Aku kenal dengan semua orang.
MOZILA : Tanpa aku kalian tidak bisa di akses.
EXPLORER : Kan gue masih ada. …
MOZILA : Apa-apaan sih lo, ganggu acara orang aja!
EXPLORER : Lo sih, ngaku-ngaku cuman ada lo sendiri! >>INTERNET : Udah-udah! Jangan banyak bacot lo semua, kalo gak ada gue kalian semua gak bakalan ada!
FACEBOOK : Huuu, kan yang paling sering dikunjungin kan gue, jadi gue yang terbaik.
YAHOO : Facebook, Inget, tanpa gue lo gak bisa buat Email!
GOOGLE : Yahoo, Gua juga bisa buat Email
PLN : Jangan banyak bacot lo semua, gue matiin listriknya!


Resensi Komik

Bleach volume 33 “The Bad Joke”

 

Judul               : Bleach volume 33 The bad joke

Penulis              : Tite Kubo

Alih bahasa      : Febrian  Anantasyha

Penerbit           : PT.Gramedia

Tahun terbit    : 2010

Tebal               : 96 Halaman

 

Tak diragukan lagi memang semua komik yang ditulis oleh Tite kubo ini asik untuk dibaca.Kali ini saya akan meresensi salah satu komik karangan Tite kubo yaitu Bleach volume 33 “the bad joke”.

Komik ini adalah lanjutan dari komik sebelumnya,yang  mencerikan tentang perjuangan Ichigo yang tak lain adalah bintang utama dalam sereal komik ini untuk melawan Aizen.Ichigo dan teman-temanya pergi ke Las Noches berjuang untuk membebaskan Orihime yang  di tangkap oleh Aizen “musuh utama Ichigo”.Di Las Noches, Ichigo dan kawan-kawannya dihadang oleh beberapa Espada “anak buah Aizen”,akhirnya mereka memecah belah untuk melawan para espada sendiri-sendiri.Komik ini menceritakan Pertarungan antara Ichigo dan Noitra”yaitu espada tingkat 5”,dan disamping itu,Ishida dan Renji pun sedang bertarung dengan Szayel Aporro untuk menyelamatkan Orihime.

Komik dengan Cover yang menarik ini memang sudah dinanti-nanti oleh penggemar manga terutama bleachzer(pecinta bleach) karena ini adalah komik paling terbaru yang dirilis.dengan ceritanya yang menarik dan terdapat klimaks-klimaks yang menurut saya sangat bagus,tentu buku ini berhak mendapat rating bintang 4   .Tapi sayang,dengan harga Rp.16.000,00- komik ini sepertinya tidak pas dengan kantong pelajar yang sebagian besar adalah pecinta komik ini.

 

By : Muhammad Raka Kustanto

SMPN 8 PEKANBARU


Makalah Tentang Kebudayaan Melayu

Budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi.[1]Budaya terbentuk dari banyak unsur yang rumit, termasuk sistemagama dan politik, adat istiadat, bahasa, perkakas, pakaian, bangunan, dan karya seni.[1]Bahasa, sebagaimana juga budaya, merupakan bagian tak terpisahkan dari diri manusia sehingga banyak orang cenderung menganggapnya diwariskan secara genetis. Ketika seseorang berusaha berkomunikasi dengan orang-orang yang berbeda budaya dan menyesuaikan perbedaan-perbedaannya, membuktikan bahwa budaya itu dipelajari.[1]1.Kebudayaan

A.Pengertian budaya

Budaya adalah suatu pola hidup menyeluruh.budaya bersifat kompleks, abstrak, dan luas. Banyak aspek budaya turut menentukan perilaku komunikatif.Unsur-unsur sosio-budaya ini tersebar dan meliputi banyak kegiatan sosial manusia.[2]

Beberapa alasan mengapa orang mengalami kesulitan ketika berkomunikasi dengan orang dari budaya lain terlihat dalam definisi budaya: Budaya adalah suatu perangkat rumit nilai-nilai yang dipolarisasikan oleh suatu citra yang mengandung pandangan atas keistimewaannya sendiri.”Citra yang memaksa” itu mengambil bentuk-bentuk berbeda dalam berbagai budaya seperti “individualisme kasar” di Amerika, “keselarasan individu dengan alam” d Jepang dan “kepatuhan kolektif” di Cina.

Citra budaya yang bersifat memaksa tersebut membekali anggota-anggotanya dengan pedoman mengenai perilaku yang layak dan menetapkan duniamakna dan nilai logis yang dapat dipinjam anggota-anggotanya yang paling bersahaja untuk memperoleh rasa bermartabat dan pertalian dengan hidup mereka.

Dengan demikian, budayalah yang menyediakan suatu kerangka yang koheren untuk mengorganisasikan aktivitas seseorang dan memungkinkannya meramalkan perilaku orang lain.

B. Unsur-Unsur Budaya

Ada beberapa pendapat ahli yang mengemukakan mengenai komponen atau ocial kebudayaan, antara lain sebagai berikut:

  1. Melville J. Herskovits menyebutkan kebudayaan memiliki 4 unsur pokok, yaitu:
    • alat-alat teknologi
    • ocial ekonomi
    • keluarga
    • kekuasaan politik
  2. Bronislaw Malinowski mengatakan ada 4 unsur pokok yang meliputi:
    • ocial norma ocial yang memungkinkan kerja sama antara para anggota masyarakat untuk menyesuaikan diri dengan alam sekelilingnya
    • organisasi ekonomi
    • alat-alat dan lembaga-lembaga atau petugas-petugas untuk pendidikan (keluarga adalah lembaga pendidikan utama)
    • organisasi kekuatan (politik)

C.Ciri-Ciri Kebudayaan

Ciri-ciri kebudayaan tersebut adalah senantiasa berubah, tingkah laku yang dipalajari, pola tingkah laku yang dipelajari, hasl dari tingkahlaku orang yang dipelajari, dibagi oleh anggota masyarakat, dan dialihkanoleh para anggota.

  1. 1.     Senantiasa berubah

Kebudayaan itu bersifat dinamis, selalu berubah sesuai dengan perkembangan situasi atau zaman yang membingkainya.

2. Tingkahlaku yang dipelajari

Kebudayaan sangat mempengaruhi pembentukan manusia.Anggota masyarakat terus melakukan proses belajar, misalnya dari orang tua, teman, lingkungan sekolah, lembaga keagamaan, dan sebagainya.

3. Pola tingkah laku yang dipelajari

Bahwa tingkah laku yang dipelajari mempunyai hubungan di antara unsur-unsur pola tersebut.

4. Hasil dari tingkah laku yang dipelajari

Ide dari seseorang merupakan hasil dari apa yang ia pelajari orang atau kelompok yang lain. Ada tiga wujud hasil kebudayaan yang dipalajari, yaitu menyangkut nilai-nilai, gagasan-gagasan, norma dan sebagainya; kompleks tindakan-tindakan berpola; dan pengetahuan untuk menghasilkan benda-benda hasil karya manusia.

5. Dibagi oleh anggota masyarakat

Tingkah laku yang dipelajari itu hasil-hasilnya tidak milik seseorang atau kelompok tertentu. Ia merupakan milik masyarakat secara menyeluruh. Nilai dan sikap itu dipelajari dari masyarakat.

6. Dialihkan para anggota

Tingkah laku yang dipelajari dialihkan atau ditularkan dari satu generasi berikutnya melalui bermacam-macam cara, misalnya melalui tulisan di tembok atau prasasti, dan sebagainya.

Di samping ciri utama tersebut, kebudayaan juga memiliki ciri-ciri, antara lain dapat memuaskan, bersifat adaptif, bersifat integrative, dan sebagai abstraksi dasar manusia.

1. Kebudayaan itu dapat memuaskan

Ia memuaskan kebutuhan-kebutuhan manusia, bukan hanya menyangkut makanan dan pakaian, tetapi juga membantu dan memilihara hubungan dengan pihak-pihak lain, baik penyesuaian maupun kelompok.

 

2. Kebudayaan bersifat adaptif

Kebudayaan memiliki sifat dapat menyesuaikan diri dengan kekuatan-kekuatan luar yang beraneka ragam.

3. Kebudayaan bersifat intergratif

Meskipun memiliki unsur-unsur pembangunan yang berbeda, tetapi kebudayaan mampu mengikat masyarakat secara meneluruh.

4. Kebudayaan merupakan suatu abstraksi kenyataan dasar manusia

Tingkah laku manusia dan hasil-hasilnya merupakan bentuk kebudayaan hasil abstraksi kenyataan dasar manusia.

D.Keutuhan (Integrasi) Kebudayaan

Telah diterangkan di muka, bahwa unsur-unsur kebudayaan banyak sekali jumlah dan macamnya. Meskipun demikian, unsur-unsur kebudayaan itu saling berhubungan satu dengan lainnya. Artinya, kebudayaan suatu suku bangsa atau bangsa tertentu tampak utuh tidak terpecah-pecah, contohnya adalah keris.

Keris merupakan hasil kebudayaan Jawa. Keris memiliki hubungan dengan unsur-unsur kebudayaan Jawa lainnya,misalnya menyangkut kepercayaan. Orang Jawa percaya, keris tertentu yang memiliki kekuatan gaib dapat berpengaruh pada kehidupan pemilik keris tersebut. Keris dapat bersifat baik, dan dapat pula bersifat jelek seringkali, sifat keris tersebut tergambar pada kehidupan pemiliknya.

Keris juga mempunyai hubungan denganp akaian adapt Jawa. Ada yang beranggapan keris sebagai benda seni, pusaka nenek moyang, benda bertuah, dan sebagainya. Dengan demikian, keris sebagai hasil budaya mempunyai keterkaitan dengan unsur-unsur kebudayaan lain dalam masyarakat Jawa.

Dengan demikian, keris sebagai hasil budaya mempunyai keterkaitan dengan unsur-unsur kebudayaan lain dalam masyarakat Jawa.

Pergaulan hidup suku bangsa Indonesia berdasarkan gotong royong. Kita dapat melihat lebih jelas kalau kebudayaan Indonesia itu dikaitkan dengan keadaan lingkungan alam.

Kepulauan Indonesia terletak di daerah tropis dengan tumbuh-tumbuhan dan hewn khas daerah tropis. Keadaan lingkungan alam tropis ikut menyebabkan kesamaan-kesamaan dalam kebiasaan, cara hidup, dan mata pencaharian hidup.

 

E.Rangkuman

jadi,budaya adalah suatu pola hidup menyeluruh.budaya bersifat kompleks, abstrak, dan luas. Banyak aspek budaya turut menentukan perilaku komunikatif.Unsur-unsur sosio-budaya ini tersebar dan meliputi banyak kegiatan sosial manusia.[2]

Dengan demikian, budayalah yang menyediakan suatu kerangka yang koheren untuk mengorganisasikan aktivitas seseorang dan memungkinkannya meramalkan perilaku orang lain

 

 

 

 

2.Ragam Seni budaya Kota Pekanbaru

  • Tarian

Tari Persembahan adat Melayu

Tari Persembahan adalah Sebuah tari Melayu yang khusus untuk menyambut tamu-tamu, Tak lengkap rasanya bila suatu acara khusus tidak menampilkan tari persembahan ini.

tari persembahan bisa dibilang tari sekapur sirih. bila rentak irama gendangnya dipercepat,ini  menandakan acara pemberian sirih kepada tamu undangan dimulai, Begitulah sampai para penari beranjak pergi.

  • Nyanyian

Kumpulan Lagu-lagu daerah RiauLagu Daerah Riau – Riau sebagai daerah kaya budaya dan seni sudah pasti memiliki lagu daerah sendiri. Ada banyak lagu-lagu daerah Riau, mulai dari lagu berbahasa Melayu,

Kebanyakan lagu daerah Riau jarang diputar radio-radio kota Pekanbaru, kecuali lagu-lagu sudah sangat populer seperti Lancang Kuning yang memang maestronya lagu daerah Riau.

Lagu Seroja

Lagu Tuanku Tambusai

Lagu Lancang Kuning

Lagu Tanjung Katung

Lagu Selayang Pandang

Lagu Hangtuah

Lagu Bunga Tanjung

Lagu Soleram

Kutang Barendo, Lagu daerah Kampar

Moncik Badasi, Lagu daerah Kampar

Randai Lomak Diurang Katuju di Awak, Lagu daerah Taluk Kuantan, Kuansing

  • Musik tradisional

Gambus Melayu Riau, Seni Musik Tradisional

Gambus Melayu Riau, Seni Musik TradisionalGambus Melayu Riau adalah salah satu jenis instrumental musik tradisional yang terdapat hampir di seluruh kawasan Melayu.Pergeseran nilai spiritual dan kebersamaan dalam masyarakat Melayu di Pekanbaru yang terjadi pada waktu ke waktu menyebabkan perubahan pandangan masyarakat terhadap kesenian Gambus dan Zapin.

kompang              talempong

  • Kerajinan Tradisional

Kerajinan dari kota pekanbaru adalah perabotan yang terbuat dari rotan

  • Upacara tradisional

– Para ibu-ibu dan tetangga dekat sedang  memasak untuk acara Resepsi Pernikahan, biasanya diadakan di rumah mempelai perempuan.

Di Kabupaten pekanbaru dari zaman ninik mamak terdahulu, apa bila ada saudara sekampung yang hendak menikah, maka keluarga dari mempelai yang hendak menikah harus memanggil para tetangga kampung untuk membantu kegiatan memasak yang dilakukan 3 hari ataupun sehari sebelum acara resepsi pernikahan berlangsung (hitungan ini tergantung dari keluarga mempelai), karena masyarakat kampar sejak dulu dikenal dengan cara bergotong royong ini pula, maka di kampar jarang sekali yang melakukan “catering” untuk acara pernikahan.

– Acara Shalawatan (Badiqiu)

Badiqiu merupakan suatu acara Budaya sakral yang dilakukan oleh para tokoh-tokoh dan sesepuh adat pada malam hari sebelum acara resepsi pernikahan dilakukan, agar acara pernikahan ini berlangsung dengan hikmat dan keluarga yang baru menjadi keluarga yang utuh hingga akhir hayat.

– Acara Pengantaran Pihak Lelaki ke rumah Pihak Perempuan (Ba’aghak)

Dengan dentuman Rebana dari para tokoh adat ini, menambah kehikmatan nilai budaya yang sakral pada acara pengantaran Pihak Lelaki ke rumah Pihak Perempuan, biasanya shalawatan selalu di kumandang kan hingga akhirnya Pihak Lelaki sampai kerumah Pihak Perempuan.

Akhirnya Mempelai Lelaki sampai juga ke rumah Mempelai Perempuan, dan mereka langsung dipertemukan kemudian di persandingkan.

  • Cerita rakyat

Berikut kumpulan cerita rakyat dari berbagai daerah di Riau diantara, Dumai, Indragiri Hilir dan Kota Pekanbaru.

– Cerita Rakyat Riau, Dumai: Putri ujuh

– Cerita Rakyat Riau, Inhil: Batu Batangkup

– Cerita Rakyat Riau: Si Lancang Kuning

– Cerita Rakyat Riau, Kota Pekanbaru – Putri Kaca Mayang

– Cerita Rakyat Riau, Inhil – Batang Tuaka

– Cerita Rakyat Riau, Kuansing – Ombak Nyalo Simutu Olang

  • Permainan rakyat

Permainan Tradisional Daerah Riau, GasingPermainan Tradisonal Riau

Apa permainan tradisional daerah Riau?. Jika Anda adalah orang Riau apalagi orang Melayu pasti sudah tahu, atau pernah memainkan, atau malah membuatnya.

Ya, mianan tradisional Riau, salah satunya, adalah gasing. Tidak jelas kapan pertama kalinya orang-orang memainkan gasing. Memang permainan tradisional di daerah Riau tidak hanya gasing, namun nyatanya gasinglah yang paling populer.

Gasing banyak banyak dimainkan di daerah Riau kepulauan seperti Natuna, Tanjung Pinang, Lingga dan disepanjang pantai timur Sumatra, khususnya orang Melayu.

Permainan bang senebu

Permainan ini dimainkan anak dengan jumlah 5-12 anak.Pemainan ini dimulai denga “uang” sejenis hompimpah.lalu dilanjutkan dengan cak gocih.Kemudian baru bermain bang senebu yang selanjutnya dilanjutkan pok-pok pungguk.

  • Peninggalan sejarah

1. Mesjid Raya Pekanbaru

Lokasi : Kecamatan Senapelan

Kotamadya : Pekanbaru

2. Makam Mahrum Bukit Dan Mahrum Pekan

Lokasi : Kecamatan Senapelan

Kotamadya : Pekanbaru

3. Tugu Pahlawan Kerja

Lokasi : Kecamatan Bukit Raya.

Kotamadya : Pekanbaru.

4. Balai Adat Riau

Lokasi : Jalan Pangeran Diponegoro Pekanbaru.

Kotamadya : Pekanbaru.

5. Bukit Batu, Bekas Tapak Kaki Manusia

Lokasi : Sungai Pakning

Kabupaten : Bengkalis.

6. Komplek Istana Kerajaan Siak

Lokasi : Kecamatan Siak Sri Indrapura

Kabupaten : Bengkalis.

7. Makam Marhum Buantan

Lokasi : Kecamatan Siak Sri Indrapura

Kabupaten : Bengkalis.

8. Mesjid Kerajaan

Lokasi : Kecamatan Siak Sri Indrapura

Kabupaten : Bengkalis.

9. Makam Keluaga Raja

Lokasi : Kecamatan Siak Sri Indrapura

Kabupaten : Bengkalis.

  • Makanan

Berikut daftar menu kuliner, masakan Riau beserta resepnya yang-bisa ditemukan di-berbagai tempat Bumi Lancang Kuning :

– Gulai Asam Pedas Ikan Patin, Masakan Khas Riau daratan

– Gulai Belacan, Masakan Khas Riau pantai timur Sumatra

– Gulai Sayur Lemak Kuah Santan, Kuliner Khas Riau

– Sambal Terung Asam, Masakan Khas Melayu Riau

– Bacah Daging, Kuliner – Makanan Khas Riau

– Gulai Belacan Udang – Makanan Khas Riau

  • Rangkuman

Daerah pekanbaru adalah sebagai ibukota provinsi Riau, jadi harus tetap menjaga semua tradisi melayu yang ada.

 

3.Ragam Seni Budaya Daerah Kampar

  • adat istiadat

Sebagai insan pendukung adat,tradisi dan kebudayaan masyarakat Melayu sangat mengenal prinsip tahu diri,yang artinya orang melayu senantiasa berpegang pada ungkapan “Man ‘arafa nafsahu fa qod ‘arafa rabbahu” bermakna siapa mengenal dirinya kenallah dia dengan Tuhannya.

Mekanisme pengenalan diri ini diatur secara adat resam yang telah beradaptasi dalam kehidupan masyarakat melayu Bengkalis. Hal ini dapat kita lihat pada nilai-nilai yang terkandung dalam adat istiadat perkawinan atau pernikahan di Bengkalis Negeri Junjungan.
Ajaran dan syariat agama Islam menjadi bagian yang paling utama termasuk pada upacara sakral helat pernikahan, sehingga disebut Adat Melayu bersendikan Syarak,  Syarak bersendikan Kitabullah. Oleh karena itu senarai pernikahan ini memaparkan susur galur adat istiadat pernikahan atau perkawinan masyarakat melayu yang mengarah kepada kepentingan upacara protokoler.
Adapun tahapan – tahapan yang dilalui pada upacara adat pernikahan ini antara lain

•    Merisik
•    Meminang
•    Mengantung
•    Berinai Curi
•    Berandam
•    Antar Belanja
•    Akad Nikah
•    Upacara Berinai Lebai
•    Khatam Al-quran
•    Mengantar Hidangan
•    Berarak
•    Bersanding
•    Makan Nasi Damai
•    Upacara Menyembah
•    Mandi Kumbo Taman
•    Berkunjung Sanak Keluarga

  • Kesenian

Pantun Melayu Menyambut Ramadhan

Pantun Melayu Menyambut Ramadhan, inilah ide yang timbul setelah sekian lama Blog Wisata Riau ini tidak tersentuh belaian mesra dariku, apa lagi sekarang kita memang sedang menyambut Bulan Suci Ramadhan. Untuk memeriahkan menyambut Bulan Suci Ramadhan ini saya mengajak kawan-kawan blogger untuk berpantun di kolom komentar, bagi yang ikut dapat tunjangan menyambut Bulan Suci Ramadhan dari saya. Yakni backling gratis dalam postingan ini. Baiklah inilah pantun pertama dari Krishadiawan :

Anak melayu mengail ikan

Perahu berlabuh ditengah lautan

Sambil menunggu datangnya Ramadhan

Pesan maaf kami sampaikan

  • Tarian

Tari sekapur sirih

Tari ini menggambarkan ungkapan rasa putih hati masyarakat dalam menyambut tamu. Sekapur Sirih biasanya ditarikan oleh 9 orang penari perempuan, dan 3 orang penari laki-laki, 1 orang yang bertugas membawa payung dan 2 orang pengawal. Propetri yang digunakan: cerano/wadah yang berisikan lembaran daun sirih, payung, keris. Pakaian: baju kurung /adat Jambi, iringan musik langgam melayu dengan alat musik yang terdiri dari : biola, gambus, akordion, rebana, gong dan gendang.

  • Pakaian

Adat istiadat tentu tidak terlepas dari Pakain Adat, itu sebuah ciri khas suatu daerah dengan adat istiadatnya sesuai dengan Hukum dan Norma Adat yang berlaku. Berikut beberapa foto pakaian adat, tradisional Melayu Riau. Pakain Adat ini adalah pakaian tradisional Riau, walaupun ada beberapa macam-macam namun hanya satu pakaian adat untuk daerah Riau, yaitu pakaian adat Melayu Riau.

  • Mata pencarian

Desa ranah memilikih ke unikan tersendiri, dimana desa ini dikelilingi oleh aliran Sungai Kampar. Jumlah penduduknya sekitar 1.000 kepala keluarga dengan mata pencarian sebagian besar adalah pedagang, petani perkebunan dan petani tambak ikan.

Di desa ini terdapat objek wisata budaya, yaitu berupa rumah adat suku Bendang. Selain itu di desa ini ada makanan khas berupa ikan lomak yang berasal dari tambak dan menjadi ciri khas masakan di daerah ini.

Daerah ini merupakan sentra produksi ikan di Kabupaten Kampar, bahkan di provinsi Riau.Warga masyarakat desa Ranah sangat kental dengan adat istiadat dan agama.

  • Agama

Sebagian besar penduduk kampar menganut agama islam.

 

 

 

4.Ragam Seni budaya daerah Bengkalis Dan Siak

  • Adat istiadat

Upacara melahirkan adalah merupakan upacara – upacara yang adalah karena bagi masyarakat orang Melayu Riau lautan orang yang melahirkan sama halnya dengan orang yang pergi berperang. Dalam peperangan itu bertarung dengan maut, ia hanya menghadapi dua kemungkinan, yaitu hidup dan mati.

Besarnya tantangan dan resiko yang dihadapi oleh seorang ibu yang melahirkan upacara melahirkan. Tujuannya adalah sebagai rasa syukur kepada Tuhan yang Maha Kuasa, karena seorang ibu telah selesai dan selamat dalam melahirkan bayinya.

Tujuan pelaksanaan upacara melahirkan adalah :

a. Untuk menghalau sejenis hantu atau setan penghisap darah orang perempuan yang sedang melahirkan.

b. Memohon kepada Tuhan agar orang yang melahirkan mendapat selamat dalam melahirkan bayinya.

Bentuk upacara melahirkan yang dilaksanakan oleh masyarakat Melayu Riau lautan berupa :

a. Persiapan menyambut kelahian bayi, yaitu menyiapkan rumah tempat melahirkan.

b. Meletakkan alat – alat, benda – benda yang dipakai dalam upacara melahirkan.

c. Menunggu saat melahirkan, apabila saat melahirkan tiba ada dua bidan yang disebut bidang bawah dan bidan atas adalah memandikan ibu, mengganti pakaian ibu. Sedangkan bidan bawah tugasnya memandikan bayi, merawat pusat dan perut agar tetap panas sehingga terhindar dari penyakit perut.

  • Seni

Songket adalah salah satu kerajinan budaya melayu yang berupa kain tenun yang biasanya dipakai pada acara-acara formal. Songket dapat digunakan oleh wanita maupun pria. untuk membuat songket dibutuhkan alat tenun  yang pada umumnya masih dibuat secara tradisional atau dikerjakan secara manual dengan menggunakan tangan dan kaki.

  • Tarian

Zapin

Musik pengiringnya terdiri dari dua alat yang utama yaitu alat musik petik gambus dan tiga buah alat musik tabuh gendang kecil yang disebut marwas. Sebelum tahun 1960, zapin hanya ditarikan oleh penari laki-laki namun kini sudah biasa ditarikan oleh penari perempuan bahkan penari campuran laki-laki dengan perempuan.

  • Pakaian

Gambar / Foto Pakaian Adat, Tradisional Melayu Siak Riau

 
Foto / Gambar Pakaian Adat, Tradisional Melayu Kabupaten Bengkalis Riau

  • Mata pencaharian

Mata pencaharian penduduk Bengkalis adalah sebagai nelayan dan juga PNS, karena di Pulau Bengkalis inilah letak pusat pemerintahan untuk kabupaten Bengkalis , yang meliputi Duri dan Dumai. Bisa dibayangkan dong, kalau ingin membuat akte kelahiran kita harus menyebrang pulau dari Duri ke Pulau ini

  • Agama

Di bengkalis dan siak penduduk nya ada yang menganut agama islam,Kristen dan konghouchu.

5.adat perkawinan

– Para ibu-ibu dan tetangga dekat sedang memasak untuk acara Resepsi Pernikahan, biasanya diadakan di rumah mempelai perempuan.

Di Kabupaten Kampar dari zaman ninik mamak terdahulu, apa bila ada saudara sekampung yang hendak menikah, maka keluarga dari mempelai yang hendak menikah harus memanggil para tetangga kampung untuk membantu kegiatan memasak yang dilakukan 3 hari ataupun sehari sebelum acara resepsi pernikahan berlangsung (hitungan ini tergantung dari keluarga mempelai), karena masyarakat kampar sejak dulu dikenal dengan cara bergotong royong ini pula, maka di kampar jarang sekali yang melakukan “catering” untuk acara pernikahan.

– Acara Shalawatan (Badiqiu)

Badiqiu merupakan suatu acara Budaya sakral yang dilakukan oleh para tokoh-tokoh dan sesepuh adat pada malam hari sebelum acara resepsi pernikahan dilakukan, agar acara pernikahan ini berlangsung dengan hikmat dan keluarga yang baru menjadi keluarga yang utuh hingga akhir hayat.

– Acara Pengantaran Pihak Lelaki ke rumah Pihak Perempuan (Ba’aghak)

Dengan dentuman Rebana dari para tokoh adat ini, menambah kehikmatan nilai budaya yang sakral pada acara pengantaran Pihak Lelaki ke rumah Pihak Perempuan, biasanya shalawatan selalu di kumandang kan hingga akhirnya Pihak Lelaki sampai kerumah Pihak Perempuan.

Akhirnya Mempelai Lelaki sampai juga ke rumah Mempelai Perempuan, dan mereka langsung dipertemukan kemudian di persandingkan.

– Acara Pengantaran Pihak Lelaki dengan membawa Hantaran (Jambau)

Seperti adat di daerah lainnya, hantaran juga berlaku di kabupaten kampar, tetapi tidak terlalu mengikat, “jika mempelai lelaki tidak mampu untuk memberikanhantaran, maka ini tidak di wajibkan untuk membawa hantaran (Jambau), ini bisa kita temui di beberapa daerah saja di kabupaten kampar.

 

Pernikahan adat melayu riau

Upacara adat melayu riau diawali dari
1. Malam Berinai
2. Berandam
3. Upacara pernikahan
4. Resepsi pernikahan

malam berinai adalah malam memasangkan inai di jari calon mempelai yg di hadiri oleh para keluarga mempelai dan ibu-ibu rabana. dimana acara ini di pimpin oleh mak andam.

upacara berandam adalah mencukur bulu halus yang ada di wajah calon pengantin wanita, yang di pimpin oleh mak andam. adapun media untuk berandam adalah :
1. pisau silet
2. kain putih 2 meter
3. kelapa tua
4. jeruk purut
5. telur ayam kampung
6. bunga kenanga dan bunga mawar
7. lilin

setelah dilakukan upacara berandam besok hari nya baru dilanjutkan upacara pernikahan yaitu pembacaan ijab kabul.

setelah pembacaan ijab kabul biasanya di lanjutkan dengan resepsi pernikahan. biasanya di Riau khusus nya di Pekanbaru resepsi sering di laksanakan di Aula Masjid Agung An-nur. terlihat padatnya jadwal yang sudah di pesan jauh- jauh hari untuk di laksanakan nya resepsi pernikahan. jadi jika resepsi nya direncanakan diaula masjid Agung An-nur harus dipesan jauh-jauh hari.

6.Adat pakaian melayu

Gambar / Foto Pakaian Adat, Tradisional Melayu Tanjung Pinang, Kepulauan Riau

Foto / Gambar Pakaian Adat, Tradisional Melayu Batam Kepulauan Riau

Gambar / Foto Pakaian Adat, Tradisional Indragiri Riau

Gambar / Foto Pakaian Adat, Tradisional Melayu Siak Riau

Gambar / Foto Pakaian Adat, Tradisional Melayu Tanjung Pinang, Kepulauan Riau


1.Nexian Tap
spesifikasi : 


Spesifikasi:
Jaringan: Dual GSM 900/1800 MHz
GPRS/ EDGE
Layar: 2.8 inch QVGA Touch LCD Screen
Analog TV
Camera 2.0 MP
Supports JAVA
Bluetooth
Video Player
Audio Player
FM Radio
Nexian Digital Sound (NDS)
Supports External Memory
Handsfree
Language: Indonesia and English
12 Month Warranty

Fitur Lain:Nexian Messenger, Nexian Zone, Nexian Media Box, Email, Facebook (application), Twitter, Yahoo Messenger, MSN, Skype, Yahoo Mobile, WAP Browser, Opera Mini.

harga : Rp.600.000,00-


2.Samsung Galaxy mini
spesifikasi : Samsung Galaxy Mini S5570
MORE PICTURES
Hal yang paling ditonjolkan adalah Sistem operasi Samsung Galaxy Mini yang menggunakan  Android froyo 2.2 didukung oleh kemampuan koneksi quad band, 3g HSDPA 7.2 memungkinkan ponsel Samsung Galaxy Mini ini terkoneksi dengan lancar ke dunia maya. Untuk urusan kamera yang selalu menjadi unggulan produsen asal korea ini cukup menjanjikan, dengan kamera Samsung Galaxy Mini yang mengusung kekuatan 3mp sudah lebih dari cukup untuk keperluan fotografi ringan. Display 3,2 QVGA plus touchscreen kapasitif  yang cukup halus menjadikan handphone Samsung Galaxy Mini  cukup banyak diminati.                               

Harga Samsung Galaxy Mini


Jika dibandingkan dengan segala fitur yang ditawarkan harga Samsung Galaxy Mini juga terbilang cukup terjangkau untuk bulan Oktober ini harga dipasaran berkisar Rp.1,4 Juta cukup sebanding dengan pesaingnya harga hp nokia. Kata Gusbud sih belilah smartphone sesuai dengan kebutuhan hindari membeli produk elektronik hanya karena trend karena anda akan banyak mengeluarkan budget untuk memenuhi keinginan membeli produk elektronik yang sangat cepat berubah.

3.Blackberry gemini
gemini
spesifikasi : 
RIM BlackBerry Curve 8520 tidak seperti BlackBerry Curve 8900 atau T-Mobile Dash 3G. Ini tidak memiliki dukungan 3G dan GPS tapi masih memberikan pada fungsionalitas inti.Kita akan mulai dengan yang paling mendasar dan kemampuan telepon.
The Curve 8520 quad-band menawarkan dunia roaming, speakerphone, panggilan suara diaktifkan, panggilan pintar, panggilan konferensi, panggilan cepat, dan teks dan pesan multimedia. Bluetooth 2.0 juga onboard sehingga Anda dapat memasangkan handset dengan mono dan stereo Bluetooth headset nirkabel atau kit hands-free untuk komunikasi tanpa gangguan saat bepergian. Profil Bluetooth lain yang didukung termasuk jaringan dial-up, port serial, sumber audio, dan audio / video remote.
Buku telepon hanya dibatasi oleh memori yang tersedia (kartu SIM memegang 250 kontak tambahan) dengan ruang di setiap entri untuk nomor telepon, alamat e-mail, alamat kantor dan rumah, jabatan, dan banyak lagi. Tentu saja, Anda dapat menetapkan setiap kontak foto, ID grup, atau nada dering kustom untuk keperluan ID pemanggil juga.
Tentu saja, sumber lain komunikasi utama adalah melalui e-mail. Curve 8520 dapat sinkron dengan server perusahaan Anda BlackBerry Enterprise, dengan dukungan untuk Microsoft Exchange, IBM Lotus Domino, atau Novell GroupWise, untuk mengirimkan e-mail korporat secara real time. Dengan BlackBerry Internet Service, Anda juga dapat mengakses hingga 10 POP3 pribadi / bisnis atau IMAP4 e-mail account. Smartphone ini juga dilengkapi preloaded dengan klien instant-messaging, termasuk Yahoo, AIM, Windows Live, Google Talk, dan ICQ.
Punya lampiran tidak masalah, ada penampil lampiran untuk membuka Microsoft Word, Excel, PowerPoint, Corel WordPerfect, PDF, JPEG, GIF, dan banyak lagi.Selain itu dengan BlackBerry OS v.4.6.1.259, Dokumen yang DataViz untuk Go Suite disertakan pada perangkat tapi hanya Standard Edition jadi jika Anda ingin kemampuan untuk membuat dokumen baru, Anda harus meng-upgrade ke Edisi Premium. Informasi lain alat manajemen pribadi termasuk kalender, daftar tugas, jam alarm, perekam suara, dan kalkulator. BlackBerry Desktop Software (disertakan pada CD paket) dapat membantu Anda sinkronisasi data dan file media dari PC ke BlackBerry Anda, sedangkan pengguna Mac sudah ditinggalkan untuk mendapatkan aplikasi pihak ketiga seperti PocketMac untuk BlackBerry untuk melakukan hal yang sama.
BlackBerry App World preloaded sehingga Anda dapat dengan mudah men-download aplikasi jaringan sosial, seperti Facebook, Flickr, MySpace, serta segala macam aplikasi lain, permainan, dan utilitas dari katalog. Namun, perlu diingat bahwa Anda hanya dapat menyimpan aplikasi ke memori utama telepon, yang tidak banyak di 256MB, dan bukan ke kartu microSD.
BlackBerry Curve 8520 memiliki fitur kamera 2-megapiksel, yang mengambil beberapa gambar yang layak.
Dengan demikian, Anda mungkin akan ingin menyimpan semua file multimedia Anda ke kartu penyimpanan. media player Curve 8520 mendukung MP3, Pro/WMA10 WMA9/WMA9, AAC-LC, AAC +, eAAC +, AMR-NB, dan file musik MIDI, dan MPEG4, WMV2, H.263, dan H.264 klip video. Penampil foto juga mendukung BMP, JPEG, PNG, TIFF, dan file WBMP. Untuk foto Anda sendiri, smartphone menawarkan kamera 2-megapiksel dengan kemampuan merekam video dan 5x digital zoom. Kualitas gambar cukup bagus. Gambar yang jelas dan warna, sementara tidak yang paling bersemangat, tidak memiliki oranye aneh atau nada kelabu seperti beberapa ponsel kamera lain.
4.Samsung Galaxy TAb
spesifikasi :
Kelebihan:
– Bodi super tipis dan nyaman digenggam
– Layar jernih
– Video full HD berjalan lancar
Kekurangan:
– Perpindahan layar terkadang ngelag
– Aplikasi Android Honeycomb masih belum banyak
Spesifikasi kunci:
Jaringan: HSPA+ 21 Mbps, EDGE/GPRS
OS: Android 3.0 (Honeycomb)
Layar: 10,1 inch WXGA 1280×800
Prosesor: 1GHz Tegra 2 Dual Core
Kamera: 2MP (depan) dan 3MP (belakang) dengan LED Flash
Format video: MPEG4/H263/H264, Divx/Xvid
Solusi Bisnis: Microsoft Exchange ActiveSync, QuickOffice HD Editor
Konektivitas: Bluetooth 2.1, Wi Fi 802.11 (a/b/g/n)
Sensor: Gyroscope, Accelerometer, Digital Compass, Ambien Light
Baterai: 6800 mAh
harga : sekitar 6 juta-an
5.Nexian Snap
spesifikasi :
Baru saja telah di luncurkan Ponsel terbaru dari Vendor Nexian. Ponsel terbaru dari nexian ini di luncurkan dengan harga yang cukup terjangkau, Yaitu Ponsel terbaru Nexian Pad G311.

Ponsel Nexian Pad G311 ini adalah Handphone Nexian dengan layar sentuh terbaru dari Nexian yang hadir dengan ukuran yang mini. Handphone Nexian Pad G311 ini memiliki layar sentuh berukuran 2.4 inci dengan resulusi QVGA. HP Nexian Pad G311 juga dilengkapi dengan dual slot SIM GSM, kamera, Bluetooth, radio FM, audio player, dan slot microSD.di perkirakan harganya sekitar 400 ribu-an

Lanjutkan membaca

Manfaat shalat bagi manusia untuk di dunia dan akhirat

GERAKAN SHALAT BERMANFAAT UNTUK KESEHATAN TUBUH

Shalat ternyata tidak hanya menjadi amalan utama di akhirat nanti, tetapi gerakan-gerakan shalat paling proporsional bagi anatomi tubuh manusia. Bahkan dari sudut medis, shalat adalah gudang obat dari berbagai jenis pnyakit.
Allah, Sang Maha Pencipta, tahu persis apa yang sangat dibutuhkan oleh ciptaanNya, khususnya manusia. Semua perintahNya tidak hanya bernilai ketakwaan, tetapi juga mempunyai manfaat besar bagi tubuh manusia itu sendiri. Misalnya, puasa, perintah Allah di rukun Islam ketiga ini sangat diakui manfaatnya oleh para medis dan ilmuwan dunia barat. Mereka pun serta merta ikut berpuasa untuk kesehatan diri dan pasien mereka.
Begitu pula dengan shalat. Ibadah shalat merupakan ibadah yang paling tepat untuk metabolisme dan tekstur tubuh manusia.Gerakan-gerakan di dalam shalat pun mempunyai manfaat masing-masing. Misalnya:
·        Niat

Fungsi niat dlm ibadah sangatlah penting. Karena itu tiap muslim harus senantiasa memperbaiki niat dlm ibadah yaitu ikhlas utk Allah semata.
Umar ibnul Khaththab radliallahu anhu berkata: Aku mendengar Nabi shallallahu alaihi wasallam bersabda :
“Amalan-amalan itu hanyalah tergantung dgn niatnya. Dan tiap orang hanyalah mendapatkan sesuai dgn apa yg dia niatkan. mk siapa yg amalan hijrah krn Allah dan Rasul-Nya mk hijrah itu krn Allah dan Rasul-Nya. Dan siapa yg hijrah krn dunia yg ingin ia peroleh atau krn wanita yg ingin ia nikahi mk hijrah itu kepada apa yg dia tujukan/niatkan”.

·        Takbiratul Ihram
Berdiri tegak, mengangkat kedua tangan sejajar tlinga, lalu melipatnya di depan perut atau dada bagian bawah. Gerakan ini bermanfaat untuk melancarkan aliran darah, getah bening (limfe), dan kekuatan otot lengan. Posisi jantung di bawah otak memungkinkan darah mengalir lancer ke seluruh tubuh. Saat mengangkat kedua tangan, otot bahu meregang sehingga aliran darah kaya oksigen menjadi lancer. Kemudian kedua tangan didekapkan di depan perut atau dada bagian bawah. Sikap ini menghindarkan dari berbagai gangguan persendian, khususnya pada tubuh bagian atas.
·        Ruku’
Ruku’ yang sempurna ditandai tulang belakang yang lurus sehingga bila diletakkan segelas air di atas punggung tersebut tak akan tumpah. Posisi kepala lurus dengan tulang belakang. Gerakan ini bermanfaat untuk menjaga kesempurnaan posisi serta fungsi tulang belakang (corpus vertebrae) sebagai penyangga tubuh dan pusat saraf. Posisi jantung sejajar dengan otak, maka aliran darah maksimal pada tubuh bagian tengah. Tangan yang bertumpu di lutut berfungsi untuk merelaksasikan otot-otot bahu hingga ke bawah. Selain itu, rukuk adalah sarana latihan bagi kemih sehingga gangguan prostate dapat dicegah.
·        I’tidal
Bangun dari ruku’, tubuh kembali tegak setelah mengangkat kedua tangan setinggi telinga. I’tidal merupakan variasi dari postur setelah ruku’ dan sebelum sujud. Gerakan ini bermanfaat sebagai latihan yang baik bagi organ-organ pencernaan. Pada saat I’tidal dilakukan, organ-organ pencernaan di dalam perut mengalami pemijatan dan pelonggaran secara bergantian. Tentu memberi efek melancarkan pencernaan.
·        Sujud
Menungging dengan meletakkan kedua tangan, lutut, ujung kaki, dan dahi pada lantai. Posisi sujud berguna untuk memompa getah bening ke bagian leher dan ketiak. Posis jantung di atas otak menyebabkan daerah kaya oksigen bisa mengalir maksimal ke otak. Aliran ini berpengaruh pada daya pikir seseorang. Oleh karena itu, sebaiknya lakukan sujud dengan tuma’ninah, tidak tergesa-gesa agar darah mencukupi kapasitasnya di otak. Posisi seperti ini menghindarkan seseorang dari gangguan wasir. Khusus bagi wanita, baik ruku’ maupun sujud memiliki manfaat luar biasa bagi kesuburan dan kesehatan organ kewanitaan.
·        Duduk di antara sujud
Duduk setelah sujud terdiri dari dua macam yaitu iftirosy (tahiyat awal) dan tawarru’ (tahiyat akhir). Perbedaan terletak pada posisi telapak kaki. pada saat iftirosy, tubuh bertumpu pada pangkal paha yang terhubung dengan saraf nervus Ischiadius. Posisi ini mampu menghindarkan nyeri pada pangkal paha yang sering menyebabkan penderitanya tak mampu berjalan. Duduk tawarru’ sangat baik bagi pria sebab tumit menekan aliran kandung kemih (uretra), kelenjar kelamin pria (prostate) dan saluran vas deferens. Jika dilakukan dengan benar, posisi seperti ini mampu mencegah impotensi. Variasi posisi telapak kaki pada iftirosy dan tawarru’ menyebabkan seluruh otot tungkai turut meregang dan kemudian relaks kembali. Gerak dan tekanan harmonis inilah yang menjaga kelenturan dan kekuatan organ-organ gerak kita.
·        Salam
Gerakan memutar kepala ke kanan dank e kiri secara maksimal. Salam bermanfaat untuk bermanfaat untuk merelaksasikan otot sekitar leher dan kepala menyempurnakan aliran darah di kepala sehingga mencegah sakit kepala serta menjaga kekencangan kulit wajah.
Gerakan sujud tergolong unik. Sujud memiliki falsafah bahwa manusia meneundukkan diri serendah-rendahnya, bahkan lebih rendah dari pantatnya sendiri. Dari sudut pandang ilmu psikoneuroimunologi (ilmu mengenai kekebalan tubuh dari sudut pandang psikologis) yang di dalami Prof. Soleh, gerakan ini mengantarkan manusia pada derajat setinggi-tingginya.Mengapa?
Dengan melakukan gerakan sujud secara rutin, pembuluh darah di otak terlatih untuk menerima banyak pasokan oksigen. Pada saat sujud, posisi jantung berada di atas kepala yang memungkinkan darah mengalir maksimal ke otak. Artinya, otak mendapatkan pasokan darah kaya oksigen yang memacu kerja sel-selnya. Dengan kata lain, sujud yang tuma’ninah dan kontinu dapat memicu peningkatan kecerdasan seseorang.
Setiap inci otak manusia memerlukan darah yang cukup untuk berfungsi secara normal. Darah tidk akan memasuki urat saraf di dalam otak melainkan ketika seseorang sujud dalam shalat. Urat saraf tersebut memerlukan darah untuk beberapa saat tertentu saja. Ini berarti, darah akan memasuki bagian urat tersebut mengikuti waktu shalat, sebagaimana yang telah diwajibkan dalam Islam.
Riset di atas telah mendapat pengakuan dari Harvard University, Amerika Serikat. Bahkan seorang dokter berkebangsaan Amerika yang tak dikenalnya menyatakan diri masuk Islam setelah diamdiam melakukan riset pengembangan khusus mengenai gerakan sujud. Di samping itu, gerakan-gerakan dalam shalat sekilas mirip gerakan yoga ataupun peregangan (stretching). Intinya, berguna untuk melenturkan tubuh dan melancarkan peredaran darah. Keunggulan shalat dibandingkan gerakan lainnya adalah di dalam shalat kita lebih banyak menggerakkan anggota tubuh, termasuk jari-jari kaki dan tangan.
Sujud adalah latihan kekuatan otot tertentu, termasuk otot dada. Saat sujud, beban tubuh bagian atas ditumpukan pada lengan hingga telapak tangan. Saat inilah kontraksi terjadi pada otot dada, bagian tubuh yang menjadi kebanggan wanita. Payudara tak hanya menjadi lebih indah bentuknya tetapi juga memperbaiki fungsi kelenjar air susu di dalamnya.
Masih dalam posisi sujud, manfaat lain yang bisa dinikmati kaum hawa adalah otot-otot perut (rectus abdominis dan obliqus abdominis externus) berkontraksi penuh saat pinggul serta pinggang terangkat melampaui kepala dan dada. Kondisi ini melatih organ di sekitar perut untuk mengejan lebih dalam dan lebih lama yang membantu dalam proses persalinan. Karena di dalam persalinan dibutuhkan pernapasan yang baik dan kemampuan mengejan yang mencukupi. Bila otot perut telah berkembang menjadi lebih besar dan kuat, maka secara alami, otot ini justru menjadi elastis. Kebiasaan sujud menyebabkan tubuh dapat mengembalikan dan mempertahankan organ-organ perut pada tempatnya kembali (fiksasi).
Setelah melakukan sujud, kita melakukan gerakan duduk. Dalam shalat terdapat dua jenis duduk: iftirosy (tahiyat awal) dan tawaru’ (tahiyat akhir). Hal terpenting adalah turut berkontraksinya otot-otot daerah perineum. Bagi wanita, di daerah ini terdapat tiga liang yaitu liang persenggamaan, dubur untuk melepas kotoran, dan saluran kemih. Saat tawarru’, tumit kaki kiri harus menekan daerah perineum. Punggung kaki harus diletakkan di atas telapak kaki kiri dan tumit kaki kanan harus menekan pangkal paha kanan. Pada posisi ini tumit kaki kiri akan memijit dan menekan daerah perineum. Tekanan lembut inilah yang memperbaiki organ reproduksi di daerah perineum.
Pada dasarnya, seluruh gerakan shalat bertujuan meremajakan tubuh. Jika tubuh lentur, kerusakan sel dan kulit sedikit terjadi. Apalagi jika dilakukan secara rutin, maka sel-sel yang rusak dapat segera tergantikan. Regenerasi pun berlangsung dengan lancar. Alhasil, tubuh senantiasa bugar.
Menuru penelitian Prof. Dr. Muhammad Soleh dalam desertasinya yang berjudul “Pengaruh Shalat Tahajud terhadap Peningkatan Perubahan Respon Ketahanan Tubuh Imonologik: Suatu Pendekatan Neuroimunologi” dengan desertasi itu, Soleh berhasil meraih gelar doctor dalam bidang ilmu kedokteran pada program pasca sarjana Universitas Surabaya yang dipertahankannya beberapa waktu lalu.
Shalat tahajud ternyata bukan hanya sekedar shalat tambahan (sunah muakkad), tetapi jika dilakukan secara rutin dan ikhlas akan bisa mengatasi penyakit kanker. Secara medis, shalat tahajud mampu menumbuhkan respons ketahanan tubuh (imunologi) khususnya pada imunoglobin M, G, A, dan limfositnya yang berupa persepsi serta motivasi positif. Selain itu, juga dapat mengefektifkan kemampuan individu untuk menanggulangi masalah yang dihadapi.
Selama ini, ulama melihat ikhlas hanya sebagai persoalan mental psikis. Namun, sebetulnya permasalahan ini dapat dibuktikan dengan teknologi kedokteran. Ikhlas yang selama ini dipandang sebagai misteri dapat dibuktikan secara kuantitatif melalui sekresi hormon kortisol dengan parameter kondisi tubuh. Pada kondisi normal, jumlah kortisol pada pagi hari normalnya antra 38-690 nmol/liter. Sedangkan pada malam hari atau setelah pukul 24.00, jumlah ini meningkat menjadi 69-345 nmol/liter.
“Kalau jumlah hormone kortisolnya normal, dapat diindikasikan bahwa orang tersebut tidak ikhlas karena merasa tertekan. Demikian juga sebaliknya,” ujarnya seraya menegaskan temuannya ini membantah paradigma lama yang menganggap ajaran agama Islam semata-mata dogma atau doktrin.
Menurut Dr. Soleh, orang stress biasanya rentan sekali terhadap penyakit kanker dan infeksi. Dengan melakukan tahajud secara rutin dan disertai perasaan ihklas serta tidak terpaksa, seseorang akan memiliki respon imun yang baik serta besar kemungkinan terhindar dari penyakit infeksi dan kanker. Berdasarkan perhitungan medis, shalat tahajud yang demikian menyebabkan seseorang memiliki ketahanan tubuh yang baik.
Berikut ini adalah manfaat shalat untuk meraih sukses sejati dunia dan akhirat  ;
1.     Shalat adalah sarana berkomunikasi kita dengan Allah swt. Sarana kita untuk membangun hubungan dengan Tuhan kita yang telah menciptakan kita dan segala isi dunia ini. Shalat adalah mi’raj (bertemu) nya seorang mukmin dengan Robb-nya yaitu Allah swt. Dapat kita bayangkan jika komunikasi dan pertemuan dengan Allah swt ini sering dan rutin kita lakukan dengan baik, maka akan terwujud hubungan yang harmonis antara kita sebagai makhluk dengan Allah swt sebagai khalik. Maka Allah swt akan mencintai dan menyukai kita sebagai hamba-Nya. Tentu jika Allah swt telah menyukai hamba-Nya, maka Dia akan menjadi penolong, pelindung dan pemberi kekuatan kepada hamba-Nya tersebut. Sehingga kita akan memiliki kekuatan yang besar karena kita memohon kekuatan kepada Yang Maha Kuat.
2.     Shalat mengajarkan dan mendidik kita untuk membangun kepribadian kita menjadi pribadi yang visioner dan sukses dimasa depan. Pribadi yang visioner adalah pribadi yang berpikir jauh kedepan melampaui ruang dan waktu. Pribadi yang visioner adalah yang mempersiapkan masa depannya dari sekarang, baik didunia maupun akhirat. Shalat berfungsi untuk membangun karakter positif kita, sehingga siapa yang benar dan sungguh-sungguh shalatnya akan menjadi pribadi yang disiapkan dan menyiapkan dirinya untuk meraih kesuksesan dimasa depannya baik dunia maupun akhiratnya
3.     Shalat mengajarkan kita untuk membersihkan hati, pikiran, tubuh dan panca indra kita dari hal-hal yang dapat mengotorinya. Sebelum shalat kita diharuskan berwudhu, membersihkan tangan kita, mulut kita, hidung kita, muka kita, telinga kita, kepala kita dan kaki kita. semua itu bermakna kita harus membersihkan semua panca indra kita dari kotoran noda dan dosa yang dapat merusaknya, karena semua anggota tubuh kita itu akan menjadi saksi dihari kiamat kelak apa yang sudah kita lakukan
4.     Shalat mengajarkan kita untuk menghargai waktu dan memanfaatkan waktu dengan baik. Shalat memiliki waktu-waktu tertentu 5 kali dalam sehari semalam. Waktu-waktu shalat adalah waktu-waktu yang strategis dan penting bagi kita dalam kehidupan. Shalat subuh yang dilaksanakan di waktu pagi saat fajar menyingsing, mengajarkan kita untuk selalu bangun pagi ditengah suasana yang segar, sehat dan saat tubuh kita dalam keadaan fit setelah selesai istirahat diwaktu malam. Waktu subuh juga waktu yang utama untuk mencari rezki dan berjuang untuk meraih kesuksesan hidup dimuka bumi. Salah satu rahasia kesuksesan bangsa jepang adalah kebiasaan mereka untuk bangun dipagi hari dan mulai bekerja. Jam 4 sampai jam 5 pagi mereka sudah bangun, sehingga waktu kerja mereka juga lebih lama dibandingkan mereka yang baru bangun jam 7 pagi. Akibatnya mereka juga lebih sukses hari ini dalam teknologi dan kesejahteraan dibandingkan bangsa lain yang tidak memahami arti memanfaatkan waktu dengan baik. Shalat zuhur yang kita laksanakan disaat siang hari kita bekerja, dapat berfungsi merilekskan lagi tubuh dan pikiran kita sehingga menjadi lebih fit dan segar setelah selesai shalat. Shalat ashar dan maghrib menjelang sore dan malam yang menjadi pergantian waktu siang dan malam menjadi sarana bagi kita untuk kembali menghadap Allah swt, menenangkan dan menyucikan jiwa kita, serta melindungi kita dari kejahatan malam, dimana saat malam hari itulah syetan bergentayangan menggoda manusia. Sedangkan shalat isya ketika menjelang istirahat malam disaat kita bercengkrama dengan keluarga kita keluar ke masjid, ini dapat menjadi sarana silaturahim kita dengan saudara-saudara kita lainnya yang satu lingkungan dengan kita, yang mungkin tidak bertemu disiang harinya ketika kita sibuk bekerja.
5.     Shalat mendidik kita untuk senantiasa berdoa dan memohon kesuksesan dan kebahagiaan kepada Allah swt. Karena inti ibadah shalat sebenarnya adalah doa kita dengan Allah. Doa yang diterima Allah swt adalah satu-satunya yang dapat mengubah takdir kata Rasulullah sw.  Doa yang kita ucapkan dalam shalat kalau kita pahami artinya adalah doa yang mengantarkan kita untuk meraih sukses dunia dan akhirat. Sebagai contoh dalam duduk antara dua sujud kita membaca doa yang artinya sebagai berikut “ Ya Allah, ampunilah dosaku, belas kasihanilah aku dan cukupkanlah segala kekuranganku dan angkatlah derajat kami dan berilah rizki kepadaku, dan berilah aku petunjuk dan berilah kesehatan kepadaku dan berilah ampunan kepadaku”. Coba kita perhatikan doa kita ini telah mencakup semua permintaan yang kita inginkan dalam  hidup ini yaitu ampunan dosa, kasih dari Allah, perbaikan/penyempurnaan kekurangan, naiknya derjat, rizki, petunjuk/ilmu, kesehatan dan kembali ampunan. Betapa kita telah berdoa kepada Allah swt tentang semua hal yang kita butuhkan dalam sholat, dan doa yang mustajab atau dikabulkan itu salat satunya adalah doa yang dilakukan dalam sholat. Makanya dapat dipastikan bahwa siapa yang sungguh-sungguh dalam sholatnya akan menjadi orang yang tinggi derajatnya, dikasihi manusia karena Allah swt saja mengasihinya, murah rezkinya,  sehat tubuhnya, tinggi ilmunya dan mendapat ampunan dari Allah swt.
6.     Shalat mendidik kita untuk menjadi pribadi yang khusuk dan kekhusukan itu yang akan mengantarkan kita meraih kesuksesan. Tentang khusuk dalam shalat ini adalah sesuatu yang sangat penting karena Allah swt berfirman Sesungguhnya beruntunglah orang-orang beriman (yaitu) orang-orang yang khusu’ dalam sholatnya ( QS Al Mukminun : 1-2). Kalau kita renungkan maka ayat ini menyatakan bahwa orang-orang yang beruntung atau sukses itu adalah mereka yang beriman sekaligus khusuk dalam shalatnya. Ternyata Allah swt sendiri mengatakan secara tersirat kalau anda ingin sukses, maka anda harus beriman sekaligus khusuk dalam sholat. Jika kita lihat kondisi khusuk dalam shalat ini adalah kondisi yang tenang yaitu otak manusia berada dalam gelombang Alfa. Gelomba alfa adalah gelombang otak yang menurut pakar otak merupakan gelombang terbaik untuk mengoptimalkan potensi otak dan belajar. Artinya setiap shalat kita selalu mengaktifkan gelombang alfa otak kita minimal 5 kali sehari sehingga, dapat dipastikan kecerdasan dan kemampuan otak orang yang shalat akan jauh lebih baik dari orang yang tidak shalat. Tidak hanya itu, otak dalam gelombang alfa ini juga efektif untuk mencegah terjadinya stress, karena disaat itu kita mengalami relaksasi. Sedangkan relaksasi dan meditasi adalah sarana yang digunakan oleh manusia modern hari ini untuk terapi terhadap stress dan depresi, makanya mereka mengikuti senam yoga, taichi, reiki dan segala macamnya yang kadang terkandung unsure kesyirikan juga didalamnya jika dibarengi mantra-mantra dan doa yang tidak islami. Padahal resep itu sudah ada didalam islam. Makanya Abu Sangkan dalam buku Pelatihan Shalat Khusu’ mengatakan bahwa Shalat adalah meditasi tertinggi dalam islam.
7.     Shalat yang dilaksanakan dengan khusuk dan sungguh-sungguh dapat mencegah kita dari kemunafikan. Shalat adalah pembeda antara orang beriman dan munafiq. Karena salah satu cirri orang munafiq adalah orang yang ketika mereka berdiri dalam shalatnya, mereka berdiri dalam keadaan malas kata Nabi saw. Termasuk yang melaksanakan shalat tanpa tumakninah ( jeda) yaitu dengan shalat secepat kilat, tergesa-gesa dan asal jadi saja. Bahkan Rasulullah saw mengatakan siapa yang tidak menyempurnakan gerakan dan bacaan shalatnya mereka dijuluki pencuri terbesar. Kemunafiqan adalah penyakit yang dapat menggagalkan manusia dunia dan akhirat. Orang-orang munafiq memiliki sifat suka ingkar janji, berdusta, khianat dan jika bermusuhkan dia adalah orang yang licik dan keji kata Nabi saw. Sholat yang khusuk niscaya dapat memperbaiki dan menjadi terapi kemunafiqan ini menjauh dari diri kita.

Shalat mendidik kita menjadi pribadi yang shabar. Allah swt menggandengkan shabar dan shalat sebagai penolong manusia dalam Surat Al Baqarah 153. Hal ini dapat kita artikan bahwa manusia yang sabar-lah yang dapat melaksanakan shalat dan orang yang shalat dengan baik akan “terlatih” untuk menjadi pribadi yang sabar. Manusia tidak bisa langsung hebat melakuksan sesuatu tanpa latihan, hanya mereka yang berlatih keras dan rutinlah yang akan dapat memiliki keahlian dan kemampuan dalam bidang tertentu, sehingga mereka dihargai manusia karena keahlian dan prestasinya tersebut. Shalat adalah sarana latihan untuk meraih kesabaran dan pertolongan Allah. Pertolongan Allah itu hanya akan datang ketika dalam kesulitan kalau manusia itu mau menolong dirinya sendiri yaitu dengan sabar dan shalat. Karena perubahan dan kebaikan itu harus dimulai dari diri kita dulu, barulah nanti Allah swt akan menambah berkah, besarnya dan nikmat yang akan kita raih tersebut. Tidak mungkin tanpa usaha dan perbaikan diri serta tindakan atau latihan kita akan langsung mendapatkan pertolongan Allah swt. Tidak mungkin walaupun kita shalat dan berdoa, tapi tidak bekerja tiba-tiba saja dibawah bantal kita ada uang 1 milyar yang bisa kita gunakan untuk keperluan dunia kita. Rezki itu tetap harus dijemput dengan usaha dan kerja keras kita yang dilandasi oleh ibadah shalat kita tadi.   Sebagaimana firman Allah swt dalam Surat Qr Ra’du : 7 “ Tidak akan berubah nasib suatu kaum kalau dia tidak merubah apa yang ada di dirinya sendiri”

semoga,yang baca postingan ini makin tambah rajin shalat nya..🙂

smga jga akan mendapatkan pahala,dan apalagi kalau yang baca postingan ini ngasih bintang .. euuhhh…

pahalanya makin berlipat-lipat…😄


Spesifikasi Nexian Magic

Nexian Magic , Its Magic Phone


Nexian Magic Specification:
*Android ™ Platform (2.2 Froyo)
*WCDMA 2100 MHz
-GSM 900/1800 MHz
-HSPA/EDGE/GPRS
*3.5” HVGA with Capacitive Multitouch
*Dual Camera (2.0 MP & VGA)
*Wi-Fi
*Bluetooth
*FM Radio
*Video Player
*Audio Player
*3.5G Connectivity
*A-GPS
*E-compass

*isi paket penjualan:
-Handsfree
-English-Indonesian
-12-month Warranty
-*Memory 8GB included

*Applications:
-Nexian Messenger
News :
-Bisnis Indonesia
-Detikcom
-Kompas.com
-Tempo
-Facebook
-Foursquare
-Opera Mini
-Yahoo!Mail
-Yahoo!Messenger
-Youtube

* Harga Nexian Magic Rp. 1.599.000,-**
**Harga bisa berubah dan tergantung daerah

Nexian Magic merupakan Ponsel terbaru dari Nexian dan masuk sebagai ponsel Android. Nexian Magic di lepas ke pasaran dengan kisaran harga rp 1.599.000

Nilai Plus dari Nexian Magic Adalah :
*layar lapang 3,5 inchi ini akan membuat kamu leluasa mengakses fitur dan menu Ponsel ini
* dukungan Jaringan HSDPA 3,5G
* dukungan A-Gps
* free 8Gb memory

minus dari Nexian Magic;
* kamera hanya 2mp
* harga 1.5 jutaan [ sementara ada ponsel lokal dengan harga 1jutaan]

Klau mnrt pengamatan gw.. ni hp bpleh juga untuk di beli cuz,dr hrganya yang relatif terjangkau…!!
Terjangkau..?? 1,5 terjangkau..??
yap,bs dibayar dengan aplikasi-aplikasi yang ada di ni handphone..!!.
gw kasih rating 4bintang deh di ni handphone. Salam Sukses NEXIAN..!


Brand Laptop Terbagus by:Me :)

Sesuai dengan judul artikelnya, penulis akan mempersembahkan beberapa merek-merek laptop dengan kualitas tahan lama yang tidak diragukan lagi. Artikel ini penulis dapatkan dari forum terbesar Indonesia, Kaskus. Mungkin melalui artikel ini, pembaca akan lebih cermat dalam memilih laptop yang akan dibeli. Beberapa merek laptop di bawah ini cukup terkenal oleh konsumen Indonesia. Langsung saja, berikut daftar laptop atau notebook yang memiliki keawetan yang sangat baik.

1. Asus
Brand ASUS bagi konsumen Indonesia mungkin sudah cukup populer, Asus berhasil meraih peringkat pertama dalam hasil uji coba. Hasilnya yaitu tingkat kerusakan produk dari merek ini dalam 2 tahun adalah dibawah 10%, sedangkan dalam 3 tahun adalah 15.6%. Walau Asus berada di Peringkat 3 sebagai Top Vendor Dunia, namun ASUS tidak kalah dalam hal kualitas daya tahan. Produk Asus sendiri yang paling terkenal adalah ROG (Republic of Gamers) sebagai salah satu prasyarat Gaming Computer.

2. Toshiba
Harga produk Toshiba yang cukup mahal mungkin dapat dibayar lunas dengan kualitas daya tahan produknya. Toshiba berada di peringkat kedua dengan persentase dibawah 10% dalam 2 tahun, dan 15.7% dalam 3 tahun. Hanya berbeda tipis dengan produk ASUS.

3. SONY
SONY yang terkenal dengan produk laptopnya, yaitu VAIO. SONY menempati urutan ketiga dalam persentase tingkat kerusakan laptop. Dalam uji coba 2 tahun, SONY mendapatkan persentase diatas 10%, sedangkan dalam 3 tahun, persentasenya naik menjadi 16.8%.

4. Apple
Merek Apple identik dengan sistem operasinya Macintosh. berhasil menduduki posisi keempat. Uji coba yang dilakukan pada merk ini menghasilkan persentase diatas 10% pada 2 tahun dan 17.4% dalam jangka waktu 3 tahun.

5. Dell
Dell mungkin kurang familiar di kalangan konsumen Indonesia, namun di kalangan gamer hal itu berbeda. Melalui produk Alienware-nya, Dell dapat menempatkan diri sebagai penguasa dalam lapttop gaming. kemudian tingkat kerusakan DELL dalam 2 tahun adalah diatas 10%, sedangkan dalam 3 tahun, sudah mencapai 18.3%.

6. Lenovo
Mungkin banyak yang tidak tahu bahwa merek Lenovo merupakan evolusi dari merek IBM. Persentase kerusakan pada merek ini dalam kurun waktu 2 tahun sebesar sekitar 12.5% dan persentase 3 tahun sebesar 21.5%.

7. Acer
Merek ini mungkin merupakan merek yang paling merakyat di masyarakat Indonesia. Dengan harga-nya yang terjangkau dengan kantong penduduk Nusantara ini membuat Acer diminati banyak orang. Namun jika bicara dengan kualitas daya tahan produk-nya, Acer tergolong belum bagus. Hampir 15% dalam jangka waktu 2 tahun saja. Sementara itu, persentasenya akan meningkat menjadi 23.3% dalam waktu 3 tahun. Walaupun begitu, Acer mendapat gelar peringkat ke-2 dalam Top Vendor Dunia.

8. Gateway
merek ini diakui penulis sebagai salah satu merek yang masih asing di telinga konsumen Indonesia. Gateway merupakan salah satu vendor laptop dengan tingkat kerusakan yang hampir buruk dalam uji coba kali ini. Dalam 2 tahun, persentasenya hampir 15%, namun dalam 3 tahun akan naik menjadi 23.5%. Tingkat kerusakannya mungkin hampir sama dengan Acer.

9. HP
HP merupakan Top Vendor Pertama di dunia, namun sangat disayangkan bahwa HP mendapat predikat laptop yang paling mudah rusak dalam uji coba kali ini. Persentase kerusakan HP adalah diatas 15% dalam 2 tahun, sedangkan persentase kerusakan dalam 3 tahun adalah 25.6%. Tampaknya HP harus bergegas memperbarui komponennya agar tidak cepat mudah rusak.